Rumusan KI dan KD PAI SD

blogger templates

Rumusan Kompetensi Dasar Agama Islam
  

Kls I
Kompetensi Inti
 Kompetensi Dasar
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2       Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.3       Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4       Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5       Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2       Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3       Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4       Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5       Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6       Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7       Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8       Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1      Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
3.2      Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ’Alaq (96): 1-5

3.3      Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik

3.4      Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama

3.5      Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar

3.6      Mengenal tata cara bersuci

3.7      Memahami shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan



3.8      Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

3.9      Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

3.10  Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.

3.11  Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s

3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

3.14 Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3.15 Memahami perilaku saling menghormati antar sesama anggota keluarga

4          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.2.1 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dan Al ’Alaq (96): 1-5 dengan benar dan jelas
4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik

4.4 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
4.5 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci

4.7.1 Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.

4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.14 Mencontohkan perilaku saling menghormati antar sesama anggota keluarga



Kls II
Kompetensi Inti
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Versi Penyempurnaan 25022013
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Terbiasa berwudhu sebelum shalat
1.2       Menunaikan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3       Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan
1.4       Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2       Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3       Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
2.4       Memiliki sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.5       Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43
2.6       Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
2.7       Memiliki perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.8       Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
3        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
3.2        Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.3        Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.4        Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.5        Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.6        Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr
3.7        Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu
3.8        Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.9        Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan
3.10   Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
3.11    Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
3.12    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
3.13    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
3.14    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
3.15    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yaqub a.s.
3.16    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1 Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci

4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya
4.4 Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu

4.5 Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan

4.6.1  Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
4.8 Memperaktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.9 Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan

4.10 Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW












Kls III
Kompetensi Inti
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya


1.1       Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2       Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
1.3       Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
2.1       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2       Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3       Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.4       Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5       Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.6       Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.7       Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
2.8       Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anam ayat 132
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1  Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.

3.2  Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

3.3  Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

3.4  Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

3.5  Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat

3.6  Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah

3.7  Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar

3.8  Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
3.9  Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

3.10 Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
3.14 Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi Muhammad SAW

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta
4.2 Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya
4.3 Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi hadits
 4.4.1Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.2 Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar
4.5 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar
4.6 Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah

4.7.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar
4.7.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar
4.7.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.8 Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
4.9 Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
4.10 Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW









Kls IV
Kompetensi Inti
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

1.1  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
1.2  Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.3  Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4  Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.5  Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.6  Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1      Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S At-Taubah (9): 119
2.2      Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3      Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hadiid (57): 9
2.4      Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5      Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Alaq (96): 1-5
2.6      Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.7      Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8      Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37
2.9      Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 27


3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1       Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.

3.2       Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
3.4       Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam

3.5       Memahami makna ibadah shalat




3.6        Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Maun dan Al-Fil dengan baik dan benar






3.7   Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar

3.8  Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37

3.9  Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
3.10   Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.

3.11   Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.

3.12   Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.

3.13   Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa a.s.
3.14   Mengetahui kisah keteladanan wali Songo
3.15   Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1 Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
4.2 Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
4.3 Membaca Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim  dan maknanya
4.4  Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
4.5.1 Memberikan contoh-contoh makna ibadah shalat
 4.5.2 Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
4.6.1 Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Maun dan Al-Fil dengan tartil
4.6.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar
4.6.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
4.7 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.8 Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.9 Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.10 Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.

4.11 Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifli a.s.

4.12 Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.

4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali Songo
4.15 Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW













Kls V
Kompetensi Inti
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

1.1     Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2     Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3     Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4     Menunaikan shalat tarawih dan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya
2        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1     Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2     Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3     Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
2.4     Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Ashr
2.5     Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6     Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.7     Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
2.8     Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
2.9     Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
3        Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1     Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
3.2     Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3     Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan benar
3.4     Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
3.5     Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4        Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1      Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.2      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.3      Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.4      Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5      Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.6      Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
4.7      Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
4.8      Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
4.9      Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.11  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.13  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4.14  Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran












Kls VI
Kompetensi Inti
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

1.1  Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2  Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3  Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4  Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5  Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
1.6  Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
2        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3  Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2
2.4  Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12
2.5  Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13
2.6  Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.7  Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.8  Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An’am (6):162-163
2.9  Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
3        Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1  Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
3.2  Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3  Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4  Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5  Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.8      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9      Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
3.10  Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11  Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4        Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1      Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2      Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.3      Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.4      Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
4.5      Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
4.6      Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12
4.7      Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13
4.8      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.9      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.11  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13  Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
4.14  Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an








Kls VII
KOMPETENSI INTI
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.


1.1       Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2       Beriman kepada Allah SWT
1.3       Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4       Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan syariat Islam
(Usulan staf khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada kelas 4 SD/MI)
1.5       Menunaikan  shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6       Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9
1.7       Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadits terkait
2.2       Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait
2.3         Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
2.4       Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits terkait
2.5       Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
2.6       Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
2.7       Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadits terkait
2.8       Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
2.9       Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1       Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.2       Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
3.3       Memahami kandungan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4       Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
3.5       Memahami kandungan Q.S. An-Nisa (4) : 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadits terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
3.6       Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
3.7       Memahami istiqamah sesuai kandungan Q.S. Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
3.8       Memahami ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam
3.9       Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.10   Memahami ketentuan shalat Jumat
3.11   Memahami ketentuan shalat Jamak Qasar
3.12   Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.13   Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

4.1       Membaca Q.S. Al- Mujadilah (58):11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S. An-Nisa (4): 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan tartil
4.2       Menunjukkan hafalan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S. An-Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan lancar
4.3       Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan QS An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
4.4       Mencontohkan perilaku amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
4.5       Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan QS. Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
4.6       Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadats besar
4.7       Mempraktikkan shalat jamak dan qashar
4.8       Mempraktikkan shalat berjamaah
4.9       Mempraktikkan shalat Jumat








Kls VIII
KOMPETENSI INTI
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

1.1       Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2       Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3       Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
1.4       Menunaikan shalat sunnah
1.5       Menerapkan ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasarkan syariat Islam
1.6       Menunaikan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7       Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1       Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait
2.2       Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 dan hadits terkait
2.3       Menghargai perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Ashr (103): 2-3, Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan hadits terkait
2.4       Menghargai perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.5       Menghargai perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl (16): 114 dan hadits terkait
2.6       Menghargai perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits terkait.
2.7       Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.8       Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1       Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; Q.S. Al Isra’(17) : 27; Q.S. An Nahl (16):114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits terkait
3.2       Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3       Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4       Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5       Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6       Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7       Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Quran dan Hadits
3.8       Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1       Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63, Al-Isra’ (17): 27; Q.S. An Nahl (16): 114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
4.2       Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63, Q.S. Al- Q.S. Al Furqan (25): 63, Al-Isra’ (17): 27; Q.S. An Nahl (16): 114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits terkait
4.3       Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
4.4       Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5       Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari




Kls IX
KOMPETENSI INTI
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

1.1    Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman
1.2    Beriman kepada Hari Akhir
1.3    Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4    Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan penyembelihan hewan
1.5    Menunaikan ibadah qurban dan aqiqah sebagai implementasi dari surah al-Kautsar
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1    Menghargai perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3): 77; Q.S. Al-Ahzab (33): 70 dan hadits terkait.
2.2    Menghargai perilaku hormat dan taat kepada orang tua da guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Isra (17): 23 dan Q.S. Luqman (31): 14 dan hadits terkait.
2.3    Menghargai perilaku yang mencerminkan tata krama, sopan-santun, dan rasa malu sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Baqarah (2): 83 dan hadits terkait.
2.4    Menghargai sikap optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait.
2.5    Menghargai perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13 dan hadits terkait.
2.6    Menghargai sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
2.7    Menghargai sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.8    Menghargai sikap tawakal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1    Memahami Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53):39-42;  dan Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadits terkait.
3.2    Memahami Q.S. Al-Hujurat (49): 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan haditst terkait.
3.3    Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan Nya.
3.4    Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya
3.5    Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6    Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7    Memahami ketentuan haji dan umrah
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. .
4.1    Membaca Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42, dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dan QS. Al Hujurat (49) : 13 sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
4.2    Menunjukkan hafalan Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42, dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dan QS. Al Hujurat (49) : 13
4.3    Mencontohkan perilaku yang mencerminkan tata krama, sopan-santun, dan rasa malu sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Baqarah (2): 83 dan hadits terkait
4.4    Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
4.5    Mempraktikkan manasik haji
4.6    Mempraktikkan pelaksanaan ibadah qurban dan akikah di lingkungan sekitar rumah
4.7    Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.8    Menceritakan sejarah tradisi Islam Nusantara


Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil Revisi Kantor balitbang 28022013
Kls X
KOMPETENSI INTI
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Revisi Kantor Balitbang 28022013
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil Revisi Kantor balitbang 28022013
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.1     Mengamalkan Al-Quran sebagai pedoman hidup.
1.2     Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
1.3     Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.4     Meyakini kebenaran hukum Islam
1.5     Berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
1.1  Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
1.2  Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.3  Meyakini kebenaran hukum Islam
1.4  Berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1     Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait
2.2     Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.3     Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait
2.4     Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits yang terkait
2.5     Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6     Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7     Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8     Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Madinah
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait
2.2  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.3  Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait
2.4  Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits yang terkait
2.5  Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6  Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7  Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8  Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Madinah

3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1      Menganalisis  Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2       Menganalisis  Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.3      Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama
3.4      Memahami makna Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
3.5      Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.6      Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
3.7      Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.8      Memahami pengelolaan wakaf
3.9      Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
3.1      Menganalisis  Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2       Menganalisis  Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.3      Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama
3.4      Memahami makna Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
3.5      Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.6      Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
3.7      Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.8      Memahami pengelolaan wakaf
3.9      Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
4        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.1    Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
4.3    Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4     Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5     Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
4.1  Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
4.3  Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4   Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5   Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW


Kls XI
KOMPETENSI INTI
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Revisi Kantor Balitbang 28022013
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil Revisi Kantor balitbang 28022013
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya



1.1  Mengamalkan Al-Quran sebagai pedoman hidup.
1.2    Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
1.3    Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
1.4    Berperilaku taat kepada aturan
1.5    Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
1.6    Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
1.1    Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT
1.2    Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT
1.3    Berperilaku taat kepada aturan
1.4    Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
1.5    Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. At Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
2.3  Menunjukkan perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 48; Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
2.4  Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
2.5  Menunjukkan sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam
2.6  Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari sejarah peradaban Islam di era modern
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. At Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
2.3  Menunjukkan perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 48; Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
2.4  Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
2.5  Menunjukkan sikap semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam
2.6  Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari sejarah peradaban Islam di era modern
3        Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


3.1  Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.2  Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3  Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
3.4  Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.5  Memahami makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
3.6  Memahami makna toleransi dan kerukunan
3.7  Memahami bahaya dan madharat perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
3.8  Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
3.9  Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah
3.10        Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
3.11        Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)
3.1  Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
3.2  Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3  Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
3.4  Memahami makna iman kepada Rasul-rasul Allah SWT
3.5  Memahami makna taat kepada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
3.6  Memahami makna toleransi dan kerukunan
3.7  Memahami bahaya dan madharat perilaku tindak kekerasan dalam kehidupan
3.8  Menelaah  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
3.9  Memahami pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah
3.10        Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
3.11        Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)
4        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1    Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4.3    Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci yang diturunkan kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.4    Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.5    Memperagakan tatacara penyelenggaraan jenazah
4.6    Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah
4.7    Mempresentasikan praktik-praktik ekonomi Islam
4.1    Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4.3    Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab Suci yang diturunkan kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.4    Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.5    Memperagakan tatacara penyelenggaraan jenazah
4.6    Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah
4.7    Mempresentasikan praktik-praktik ekonomi Islam


Kls XII
KOMPETENSI INTI
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Revisi Kantor Balitbang 28022013
 Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil Revisi Kantor balitbang 28022013
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.1         Mengamalkan Al-Quran sebagai pedoman hidup.
1.2         Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
1.3         Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada dan qadar
1.4         Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
1.5         Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
1.1         Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
1.2         Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada dan qadar
1.3         Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
1.4         Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia.
2.1         Menunjukkan  perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31) : 14 serta hadits terkait
2.2         Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23 dan hadits terkait
2.3         Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
2.4         Menunjukkan perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits terkait.
2.5         Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir
2.6         Menunjukkan sikap optimis, berikhtiar dan bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
2.7         Menunjukkan sika semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
2.1         Menunjukkan  perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31) : 14 serta hadits terkait
2.2         Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23 dan hadits terkait
2.3         Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
2.4         Menunjukkan perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits terkait.
2.5         Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir
2.6         Menunjukkan sikap optimis, berikhtiar dan bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
2.7         Menunjukkan sika semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
3        Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.1         Menganalisis Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis,
3.2         Menganalisis Q.S.. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.3         Memahami makna iman kepada hari akhir.
3.4         Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar.
3.5         Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6         Memahami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
3.7         Memahami ketentuan waris dalam Islam
3.8         Memahami hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
3.9         Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.10     Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
3.1         Menganalisis Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis,
3.2         Menganalisis Q.S.. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.3         Memahami makna iman kepada hari akhir.
3.4         Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar.
3.5         Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6         Memahami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
3.7         Memahami ketentuan waris dalam Islam
3.8         Memahami hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
3.9         Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
3.10     Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
4        Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1         Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan Q.S.. Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83
4.3         Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
4.4         Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
4.5         Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
4.6         Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam
4.7         Mengamati pelaksanaan pernikahan di lingkungan masyarakat Islam.
4.1         Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan Q.S.. Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83
4.3         Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
4.4         Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
4.5         Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
4.6         Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam
4.7         Mengamati pelaksanaan pernikahan di lingkungan masyarakat Islam.




0 Response to "Rumusan KI dan KD PAI SD"

Post a Comment