Rumusan Kompetensi Dasar Agama
Islam
Kls I
Kompetensi Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2 Meyakini adanya Allah SWT
yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.3 Mensyukuri karunia dan
pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S.
Al-Ikhlas
1.4 Terbiasa bersuci sebelum
beribadah
1.5 Terbiasa membaca Basmalah setiap
memulai aktivitas
|
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2 Memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Luqman
(31): 14
2.3 Memiliki
perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. An-Nisa
(4): 36
2.4
Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5 Memiliki
sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6 Memiliki
sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Baqarah (2): 83
2.7
Memiliki perilaku rajin belajar sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8
Memiliki perilaku bersih badan, pakaian,
barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
|
3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengetahui
huruf-huruf hijaiyyah dan
harakatnya secara lengkap
3.2
Mengenal pesan-pesan yang terkandung di
dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ’Alaq (96): 1-5
3.3
Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman,
Ar-Rahim, Al-Malik
3.4
Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai
bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5
Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah
belajar
3.6
Mengenal tata cara bersuci
3.7
Memahami shalat dan kegiatan agama
yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8
Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
3.9
Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.10
Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
3.11
Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW
3.14
Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru
3.15
Memahami perilaku saling menghormati antar sesama
anggota keluarga
|
4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan
harakatnya secara lengkap
4.2.1 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S.
Al-Ikhlas dan Al ’Alaq (96): 1-5 dengan benar dan jelas
4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim,
Al-Malik
4.4 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan
benar dan jelas
4.5 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar
dengan benar dan jelas.
4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci
4.7.1 Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di
sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya
di sekitar rumahnya
4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.14 Mencontohkan perilaku saling menghormati
antar sesama anggota keluarga
|
Kls II
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Versi Penyempurnaan 25022013
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Terbiasa berwudhu sebelum shalat
1.2
Menunaikan shalat sebagai wujud dari
pemahaman rukun Islam
1.3
Terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah makan
1.4
Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha
Mencipta segala yang ada di alam.
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Memiliki sikap jujur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2
Memiliki perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3
Memiliki perilaku kasih
sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
2.4
Memiliki sikap kerja sama
dan tolong-menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.5
Memiliki sikap berani
bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43
2.6
Memiliki sikap berlindung
diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
2.7
Memiliki perilaku
disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.8
Memiliki perilaku hidup
sehat dan peduli
lingkungan sebagai
implementasi dari pemahaman makna berwudhu
|
3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengetahui
huruf hijaiyyah
bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
3.2
Mengetahui
keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai
di sekitar rumah dan sekolah
3.3
Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus,
As-Salam, Al-Khaliq
3.4
Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran
menuntut ilmu
3.5
Mengenal hadits yang terkait dengan
perilaku hidup bersih dan sehat
3.6
Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S.
Al-‘Ashr
3.7
Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu
3.8
Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.9
Mengenal makna doa sebelum dan sesudah
makan
3.10
Memahami
perilaku kasih sayang
kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
3.11
Memahami
sikap kerja sama dan
saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah
ayat 2
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
3.13
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
3.14
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
3.15
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya‘qub a.s.
3.16
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung
sesuai dengan makharijul huruf.
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah
SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci
4.3
Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus,
As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya
4.4
Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu
4.5
Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits
tentang kebersihan dan kesehatan
4.6.1 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al
‘Ashr dengan benar dan jelas
4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
4.8 Memperaktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan
yang benar
4.9 Mempraktikkan doa sebelum
dan sesudah makan
4.10 Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada
sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling
tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub
a.s.
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
|
Kls III
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menunaikan shalat secara tertib
sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2):
3
1.2 Terbiasa berzikir dan berdoa
setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
1.3 Meyakini adanya Allah SWT
Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru
|
2.1 Memiliki sikap jujur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2 Memiliki perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3 Memiliki perilaku peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.4 Memiliki sikap bersyukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5 Memiliki sikap disiplin
dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.6 Memiliki perilaku
tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat
Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.7 Memiliki sikap rasa ingin
tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
2.8 Memiliki sikap kerja
keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An‘am ayat 132
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai
di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengetahui makna Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
3.3 Mengetahui hadits yang
terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4 Mengerti makna shalat
sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5 Mengerti makna zikir dan
doa setelah shalat
3.6 Mengetahui hikmah ibadah
shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7 Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr
dan Al-Kautsar dengan benar
3.8 Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon
pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu
binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
3.9 Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
3.10 Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Ibrahim ayat 7
3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf
a.s.
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib
a.s.
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat
dan patuh kepada orangtua)
3.14 Mengetahui sikap percaya diri dan
kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi Muhammad SAW
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di
sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah
Yang Maha Pencipta
4.2 Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan
maknanya
4.3
Mencontohkan perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi hadits
4.4.1Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S.
al-Kautsar
4.4.2 Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan
benar
4.5 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah
shalat secara benar
4.6 Menceritakan
pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah
4.7.1 Membaca
kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar
4.7.2 Menulis
huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar
4.7.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.8 Mencontohkan
perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
4.9
Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
4.10
Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim
ayat 7
4.11 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
4.14 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
Kls IV
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
|
Kompetensi
Inti
|
1.
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
1.2 Menunaikan
shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.3 Menerapkan
kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4 Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.5 Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.6 Meyakini
adanya Rasul-Rasul Allah SWT
|
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S At-Taubah (9): 119
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3
Memiliki sikap
santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Hadiid (57): 9
2.4
Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para
malaikat Allah SWT yang tercermin dari
perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5
Memiliki
sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Alaq (96):
1-5
2.6
Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.7
Memiliki sikap pantang menyerah sebagai
implementasi dari
kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8
Memiliki sikap rendah
hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37
2.9
Memiliki perilaku hemat
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 27
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
|
3.1
Mengetahui
Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan
sekolah.
3.2
Mengerti
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar.
3.3
Mengerti
makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
3.4
Memahami tata cara bersuci dari hadats
kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
3.5
Memahami
makna ibadah shalat
3.6 Mengetahui
Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
3.7 Memahami
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar
3.8 Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
3.9 Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
3.10
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.11
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.13
Mengetahui
kisah keteladan Nabi Musa a.s.
3.14
Mengetahui
kisah keteladanan wali Songo
3.15
Mengetahui
sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Melakukan
pengamatan terhadap makhluk
ciptaan Allah di sekitar
rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
4.2
Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah
4.3 Membaca
Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
dan maknanya
4.4 Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai
ketentuan syariat Islam
4.5.1
Memberikan contoh-contoh makna ibadah shalat
4.5.2 Menceritakan pengalaman melaksanakan
shalat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
4.6.1 Membaca
Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil
4.6.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar
4.6.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
4.7 Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar
4.8 Mencontohkan sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.9 Mencontohkan perilaku
hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.10 Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifli a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.14 Menceritakan
kisah keteladanan wali Songo
4.15
Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
|
Kls V
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
|
1.
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Terbiasa
membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2
Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan
menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3
Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4
Menunaikan
shalat tarawih dan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan
sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya
|
2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2
Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan
sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah
ayat 83
2.3
Memiliki
sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
2.4
Memiliki
sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Ashr
2.5
Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6 Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri
sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.7
Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Furqon ayat 67
2.8
Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Bayyinah ayat 5
2.9
Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari
pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
|
3
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul
Azmi
3.2 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3 Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan benar
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy,
Al-Qayum, Al-Ahad
3.5
Mengetahui
hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10
Mengetahui kisah keteladanan
Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
4
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S.
At-Tin dengan baik dan benar
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik
dan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik
dan benar
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam
hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5 Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.6
Mencontohkan sikap
menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
4.7
Mencontohkan sikap
sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
4.8
Mencontohkan sikap ikhlas
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
4.9
Mencontohkan
sikap tabligh sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4.14
Menceritakan
kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
Kls VI
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
|
1.
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2
Meyakini
adanya Hari Akhir sebagai
implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3
Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4
Menunaikan
kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5
Terbiasa berinfaq sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
1.6
Terbiasa bersedekah sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1 Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2
Memiliki perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi
kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2
2.4 Memiliki
sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12
2.5 Memiliki
perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.8 Memiliki
sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-An’am (6):162-163
2.9 Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah
Nabi Muhammad SAW
|
3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
3.2 Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir,
Al-Muqadim, al-Baqi
3.3 Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat
membentuk perilaku akhlak mulia
3.4 Memahami hikmah beriman
kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5 Memahami hikmah zakat ,
infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.8 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9 Mengetahui kisah
keteladanan Nabi Isa a.s.
3.10 Mengetahui kisah Nabi
Muhammad SAW
3.11 Mengetahui kisah
keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12 Mengetahui kisah
keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
4
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2
dengan jelas dan benar
4.2
Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5):
2 dengan benar
4.3
Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.4
Mencontohkan perilaku toleran dan simpati
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
4.5
Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam
kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman
4.6 Mencontohkan
sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al
Hujurat (49): 12
4.7 Mencontohkan
perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat
(49): 13
4.8 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.9 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
4.10 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.11 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Isa
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.13 Menceritakan
kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
4.14 Menceritakan
kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
Kls VII
KOMPETENSI INTI
|
Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2
Beriman kepada Allah SWT
1.3
Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4
Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats
besar berdasarkan syariat Islam
(Usulan
staf khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada kelas 4 SD/MI)
1.5
Menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi
dari pemahaman rukun Islam
1.6
Menunaikan shalat Jumat
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9
1.7
Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai
implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai perilaku
jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadits terkait
2.2
Menghargai perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait
2.3
Menghargai perilaku empati
terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
2.4
Menghargai
perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits terkait
2.5
Menghargai perilaku amanah sebagai
implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan
hadits terkait
2.6
Menghargai perilaku istiqamah
sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
2.7
Menghargai
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat
Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadits terkait
2.8
Meneladani perjuangan Nabi
Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
2.9
Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir
3.2
Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
3.3
Memahami kandungan Q.S. Al- Mujadilah
(58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4 Memahami makna empati
terhadap sesama sesuai
kandungan Q.S. An-Nisa
(4): 8 dan hadits terkait
3.5
Memahami kandungan Q.S. An-Nisa (4) : 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3):
134 serta hadits terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
3.6 Memahami makna amanah
sesuai kandungan Q.S.
Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
3.7 Memahami
istiqamah sesuai kandungan
Q.S. Al-Ahqaf (46):
13 dan hadits terkait
3.8
Memahami ketentuan bersuci dari hadats
kecil dan hadats
besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam
3.9
Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.10
Memahami ketentuan shalat Jumat
3.11
Memahami ketentuan shalat Jamak Qasar
3.12
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.13
Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Membaca Q.S. Al- Mujadilah (58):11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S. An-Nisa (4): 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan tartil
4.2
Menunjukkan hafalan Q.S. Al- Mujadilah
(58): 11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S.
An-Nisa (4):146, QS. Al
Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan lancar
4.3 Mencontohkan perilaku empati
terhadap sesama sesuai
kandungan QS An-Nisa
(4): 8 dan hadits terkait
4.4 Mencontohkan perilaku amanah
sesuai kandungan Q.S.
Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
4.5 Mencontohkan perilaku
istiqamah sesuai kandungan
QS. Al-Ahqaf (46):
13 dan hadits terkait
4.6
Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadats besar
4.7
Mempraktikkan shalat jamak dan qashar
4.8
Mempraktikkan shalat berjamaah
4.9
Mempraktikkan shalat Jumat
|
Kls VIII
KOMPETENSI INTI
|
Kompetensi
Dasar
Sesudah
Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan
25022013
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari
pemahaman rukun iman.
1.2 Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3 Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman
1.4 Menunaikan shalat sunnah
1.5 Menerapkan ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasarkan syariat Islam
1.6 Menunaikan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman
rukun Islam
1.7 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1
Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait
2.2
Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 dan hadits terkait
2.3
Menghargai perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada
sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Ashr (103): 2-3, Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan
hadits terkait
2.4
Menghargai perilaku
rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.5
Menghargai perilaku
mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl
(16): 114 dan hadits terkait
2.6
Menghargai perilaku
menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits terkait.
2.7
Menghargai perilaku
semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al- Mujadilah (58):
11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.8
Meneladani semangat ilmuwan
muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; Q.S. Al Isra’(17) : 27; Q.S. An Nahl (16):114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits terkait
3.2 Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4 Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5 Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
3.6 Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7 Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang
halal dan haram berdasarkan Al-Quran dan Hadits
3.8 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai
masa Umayah dan masa Abbasiyah
|
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63, Al-Isra’ (17): 27; Q.S. An Nahl (16): 114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 dengan tartil
4.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63, Q.S. Al- Q.S. Al Furqan (25): 63, Al-Isra’ (17): 27; Q.S. An Nahl (16): 114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadits terkait
4.3
Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
4.4
Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5
Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan
masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari
|
Kls IX
KOMPETENSI
INTI
|
Kompetensi Dasar
Sesudah
Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Penyempurnaan 25022013
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1
Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman
1.2
Beriman kepada
Hari Akhir
1.3
Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan penyembelihan hewan
1.5
Menunaikan ibadah
qurban dan aqiqah sebagai implementasi dari surah al-Kautsar
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
2.1
Menghargai perilaku
jujur dalam kehidupan sehai-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali
Imran (3): 77; Q.S. Al-Ahzab (33): 70 dan hadits terkait.
2.2
Menghargai perilaku hormat dan
taat kepada orang tua da guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-
Isra (17):
23 dan Q.S. Luqman (31): 14 dan hadits terkait.
2.3
Menghargai perilaku yang
mencerminkan tata krama, sopan-santun, dan rasa malu sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al- Baqarah (2): 83 dan hadits terkait.
2.4
Menghargai sikap optimis, ikhtiar, dan tawakal
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 dan
hadits terkait.
2.5
Menghargai perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan
masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13 dan hadits
terkait.
2.6
Menghargai sikap empati, peduli, dan gemar
menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna
ibadah qurban dan aqiqah
2.7
Menghargai sikap
mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.8
Menghargai sikap
tawakal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha
dan Qadar
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
3.1
Memahami Q.S.
Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53):39-42; dan Q.S. Ali Imran
(3): 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadits terkait.
3.2
Memahami
Q.S. Al-Hujurat (49): 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan haditst
terkait.
3.3
Memahami makna iman kepada hari
Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan Nya.
3.4
Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya
3.5
Memahami ketentuan
penyembelihan hewan dalam Islam
3.6
Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7
Memahami ketentuan haji dan umrah
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. .
|
4.1 Membaca Q.S. Az-Zumar
(39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42, dan Q.S. Ali
Imran (3): 159 dan QS. Al Hujurat (49) : 13 sesuai dengan kaedah
tajwid dan makhrajul huruf
4.2
Menunjukkan hafalan Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm (53): 39-42, dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dan QS. Al Hujurat (49) : 13
4.3
Mencontohkan perilaku
yang mencerminkan tata krama, sopan-santun, dan rasa malu sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Baqarah (2): 83
dan hadits terkait
4.4
Memperagakan tata cara
penyembelihan hewan
4.5
Mempraktikkan manasik haji
4.6
Mempraktikkan pelaksanaan
ibadah qurban dan akikah di
lingkungan sekitar rumah
4.7
Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.8
Menceritakan sejarah tradisi
Islam Nusantara
|
Kompetensi
Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil
Revisi Kantor balitbang 28022013
Kls X
KOMPETENSI INTI
|
Kompetensi
Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Revisi Kantor Balitbang 28022013
|
Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil Revisi Kantor balitbang 28022013
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
1.3
Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits
dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.4
Meyakini kebenaran hukum Islam
1.5
Berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat
Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
1.2
Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.3
Meyakini kebenaran hukum Islam
1.4
Berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan
sehari-hari
|
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah
(5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119
dan hadits terkait
2.2
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.3
Menunjukkan perilaku kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12
dan 10 serta hadits yang terkait
2.4
Menunjukkan perilaku
menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits yang terkait
2.5
Menunjukkan
sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6
Menunjukkan sikap keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7
Menunjukkan sikap tangguh
dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8
Menunjukkan sikap semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Madinah
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits
terkait
2.3 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta
hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits yang terkait
2.5 Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6 Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi
rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul
Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir
2.7 Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan
kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi
dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Madinah
|
3. Memahami,
menerapkan dan
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2
Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.3
Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama
3.4
Memahami makna
Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
3.5
Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.6
Memahami manfaat dan hikmah
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
3.7
Memahami kedudukan
Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad
sebagai sumber hukum Islam
3.8
Memahami pengelolaan wakaf
3.9
Memahami substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2
Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.3
Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama
3.4
Memahami makna Asmaul Husna:
al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
3.5
Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.6
Memahami manfaat dan hikmah
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah), dan
menerapkannya dalam kehidupan
3.7
Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.8
Memahami pengelolaan wakaf
3.9
Memahami substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1
Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
4.3
Berperilaku yang mencontohkan
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul
Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4
Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5
Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW
|
4.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S.
Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S.
An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4 Berperilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
|
Kls XI
KOMPETENSI INTI
|
Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Revisi Kantor Balitbang 28022013
|
Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil Revisi Kantor balitbang 28022013
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Kitab-kitab Allah SWT
1.3
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Rasul-rasul Allah SWT
1.4
Berperilaku taat kepada aturan
1.5
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam penyelenggaraan jenazah
1.6
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
|
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Kitab-kitab Allah SWT
1.2 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Rasul-rasul Allah SWT
1.3 Berperilaku
taat kepada aturan
1.4 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam
penyelenggaraan jenazah
1.5 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan
khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
|
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari sebagai
implentasi dari pemahaman Q.S. At
Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2 Menunjukkan perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implentasi dari pemahaman Q.S.
Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
2.3 Menunjukkan perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi
dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 48; Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan sikap toleran,
rukun dan menghindarkan diri
dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
2.5 Menunjukkan sikap semangat menumbuh-
kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari masa
kejayaan Islam
2.6 Menunjukkan perilaku kreatif, inovatif,
dan produktif sebagai implementasi dari sejarah peradaban Islam di era modern
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implentasi dari
pemahaman Q.S. At Taubah (9) : 119 dan hadits terkait
2.2
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Isra’ (17) : 23-24 dan hadits terkait
2.3
Menunjukkan
perilaku kompetitif dalam
kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah
(5): 48; Q.S. Az-Zumar (39)
: 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang
terkait
2.4
Menunjukkan
sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta
hadits terkait
2.5
Menunjukkan sikap
semangat menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai
implementasi dari masa kejayaan Islam
2.6
Menunjukkan
perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari sejarah
peradaban Islam di era modern
|
3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S.
Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah
(9) : 105, serta hadits tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos
kerja.
3.2
Menganalisis Q.S. Yunus
(10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3
Memahami makna iman kepada
Kitab-kitab Allah SWT
3.4
Memahami makna iman kepada
Rasul-rasul Allah SWT
3.5
Memahami makna taat kepada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
3.6
Memahami makna toleransi dan
kerukunan
3.7
Memahami bahaya
3.8
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam
3.9
Memahami pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah
3.10
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan
3.11
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern
(1800- sekarang)
|
3.1
Menganalisis Q.S.
Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39)
: dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja.
3.2
Menganalisis
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang
toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
3.3
Memahami makna iman kepada
Kitab-kitab Allah SWT
3.4
Memahami makna iman kepada
Rasul-rasul Allah SWT
3.5
Memahami makna taat kepada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja keras
3.6
Memahami makna toleransi dan
kerukunan
3.7
Memahami bahaya
3.8
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam
3.9
Memahami pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah
3.10
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
3.11
Menelaah
perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59;
Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S.
Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4.3
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Kitab-kitab Suci yang diturunkan kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.5
Memperagakan tatacara
penyelenggaraan jenazah
4.6
Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah
4.7
Mempresentasikan
praktik-praktik ekonomi Islam
|
4.1
Membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59;
Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41
dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5)
: 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32 dengan lancar
4.3
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab
Suci yang diturunkan kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.4
Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
4.5
Memperagakan tatacara
penyelenggaraan jenazah
4.6
Mempraktikkan khutbah, tabligh, dan dakwah
4.7
Mempresentasikan
praktik-praktik ekonomi Islam
|
Kls XII
KOMPETENSI INTI
|
Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Revisi Kantor Balitbang 28022013
|
Kompetensi Dasar
Sesudah Penambahan Nilai-nilai Budi Pekerti
Hasil Revisi Kantor balitbang 28022013
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari
akhir
1.3
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada
dan qadar
1.4
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam
melaksanakan pernikahan
1.5
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
|
1.1
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
1.2
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada dan qadar
1.3
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
1.4
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
|
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli,
santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
pro-aktif),
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam
membangun peradaban bangsa dan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31) : 14 serta hadits terkait
2.2
Menunjukkan perilaku
hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23 dan hadits terkait
2.3
Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta
hadits terkait.
2.4
Menunjukkan perilaku saling menasihati dan
berbuat baik (ihsan) sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) :
83, serta hadits terkait.
2.5
Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah
sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir
2.6
Menunjukkan sikap optimis, berikhtiar
dan bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah
SWT
2.7
Menunjukkan sika semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan
sebagai implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31) : 14 serta hadits terkait
2.2
Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan
guru Q.S. Al-Isra
(17) : 23 dan hadits terkait
2.3
Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
2.4
Menunjukkan
perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman
(31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits terkait.
2.5
Menunjukkan
sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman
kepada hari akhir
2.6
Menunjukkan sikap optimis,
berikhtiar dan bertawakal
sebagasi cerminan dari kesadaran
beriman kepada
Qadha dan Qadar Allah SWT
2.7
Menunjukkan sika semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai
implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
|
3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S.
Ali Imran (3) : 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis,
3.2
Menganalisis Q.S.. Luqman
(31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits tentang saling
menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.3
Memahami makna iman kepada hari
akhir.
3.4
Memahami makna iman kepada Qadha
dan Qadar.
3.5
Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6
Memahami hak dan kedudukan
wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
3.7
Memahami ketentuan waris dalam
Islam
3.8
Memahami hikmah dan manfaat
saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
3.9
Memahami strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
3.10
Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan
kemunduran peradaban Islam di dunia
|
3.1
Menganalisis
Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, serta hadits
tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis,
3.2
Menganalisis
Q.S.. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83, serta hadits tentang
saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3.3
Memahami makna iman kepada hari
akhir.
3.4
Memahami makna iman kepada
Qadha dan Qadar.
3.5
Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam
3.6
Memahami hak dan kedudukan
wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
3.7
Memahami ketentuan waris dalam
Islam
3.8
Memahami hikmah dan manfaat
saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
3.9
Memahami strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
3.10
Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban
Islam di dunia
|
4
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah
(2) : 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191 dan Q.S.. Ali Imran (3) : 159, Q.S.
Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83
4.3
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
4.4
Berperilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah
SWT
4.5
Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
4.6
Memperagakan tata cara
pernikahan dalam Islam
|
4.1
Membaca Q.S. Ali Imran (3) :
190-191 dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman
(31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) : 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
4.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan Q.S..
Ali Imran (3) : 159, Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2) :
83
4.3
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT
4.5
Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
4.6
Memperagakan tata cara
pernikahan dalam Islam
|
0 Response to "Rumusan KI dan KD PAI SD"
Post a Comment