SILABUS
MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BUDI PEKERTI
Satuan pendidikan : SMP
Kelas : VII(Tujuh)
Kompetensi Inti* :
KI
1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata).
KI 4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam
ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori).
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1
Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2
Beriman kepada Allah SWT
1.3
Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4
Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
berdasarkan syariat Islam
(Usulan staf
khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada kelas 4 SD/MI)
1.5
Menunaikan shalat wajib berjamaah
sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6
Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9
1.7
Menunaikan shalat jamak qasar ketika
bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan
beribadah
|
|
|
|
|
|
2.1 Menghargai
perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadis terkait
2.2 Menghargai
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari
Q.S. Al-Baqarah (2):
83 dan hadis terkait
2.3
Menghargai perilaku empati terhadap
sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait
2.4 Menghargai
perilaku ikhlas, sabar,
dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait
2.5 Menghargai
perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait
2.6 Menghargai
perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadis terkait
2.7 Menghargai
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat
Allah (Al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait
2.8 Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
2.9 Meneladani
sikap terpuji khulafaurrasyidin
|
|
|
|
|
|
3.3
Memahami isi
kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, serta hadi¡
terkait tentang menuntut ilmu.
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, dengan tartil
4.3.2 Menunjukkan hafalan
Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
dengan lancar
|
1.
Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.1.
Bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.2.
Arti Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.3.
Kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
2.
Hukum bacaan Mad
2.1.
Ketentuan hukum
bacaan mad.
2.2.
Praktik
membaca hukum bacaan mad.
|
Mengamati
·
Mencermati bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·
Menyimak dan
membaca Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis tentang semangat menuntut
ilmu.
·
Menyimak
penjelasan tentang hukum bacaan mad
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang pentingnya
belajar Al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan.
· Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan mad.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafadz yang mengandung hukum bacaan mad di
dalam mushaf Al-Qur’an.
·
Diskusi menyusun
arti kata Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 menjadi terjemah secara utuh.
·
Secara berpasangan
menghafalkan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
Asosiasi
·
Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafadz yang mengandung
bacaan mad.
·
Menganalisis,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan
Mengidentifikasi dan menganalisis lafaz yang mengandung
hukum bacaan mad yang terdapat pada Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
· Menanggapi paparan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan
bimbingan guru.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang memuat sikap senang belajar dan mempelajari Al Qur’an
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 di
lingkungan sekolah atau tempat tinggal.
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (kandungan
ayat dan hukum mad)
§ Sikap yang ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan ayat tentang
semangat menuntut ilmu serta hukum bacaan mad)
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang
kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 dan Hadis terkait.
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58):
11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
|
4
x 3 Jam Pelajaran
|
· Mushaf Al Qur’an
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
|
3.5 Memahami
isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
4.5.1
Membaca
Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dengan tartil
4.5.2
Menunjukkan hafalan
Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dengan lancar
|
1.
Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.1.
Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.2.
Arti Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.3.
Kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134
2.
Hukum bacaan nun sukun dan tanwin
2.1.Pengertian hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
2.2.
Macam-macam hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
2.3.
Praktik hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau
tayangan untuk memotivasi semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
· Menyimak dan membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang ikhlas,
sabar dan pemaaf.
·
Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan
nun sukun dan tanwin.
.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru mengajukan pertanyaan tentang
pentingnya belajar Al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
· Mengajukan pertanyaan
mengenai hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok
mencari dan mengumpulkan macam-macam hukum bacaan nun sukun dan tanwin di dalam mushaf Alquran.
· Diskusi menyusun arti
perkata Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 menjadi terjemah
secara utuh.
· Secara berpasangan
menghafalkan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
Asosiasi
· Melakukan koreksi
secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan
contoh-contoh hukum bacaan nun sukun
dan tanwin.
· Menganalisis,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
· Mengidentifikasi dan
menganalisis hukum bacaan nun sukun dan
tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
Komunikasi
· Menyajikan paparan
hasil pencarian hukum bacaan nun sukun dan
tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
· Menunjukkan /
memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
· Menanggapi paparan
kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
· Menyusun kesimpulan
kandungan ayat dengan bimbingan guru.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang
mencerminkan isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang ikhlas, sabar dan pemaaf di lingkungan tempat tinggal kalian.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (kandungan
ayat dan hukum bacaan nun sukun dan tanwin).
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan ayat tentang ikhlas, sabar dan pemaaf dan hukum bacaan nun sukun dan tanwin).
Portofolio
· Membuat paparan
tentang kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadi¡ terkait.
· Membuat paparan
anaisis dan identifikasi hukum bacaan nun
sukun dan tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes lisan hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
|
4
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Mushaf Al-Quran
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
|
3.1
Memahami makna Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
4.1 Menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir.
|
1.
Iman Kepada Allah Swt.
1.1.
Pengertian iman kepada Allah
Swt.
1.2.
Dalil naqli tentang iman kepada
Allah Swt.
2.
Makna al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
2.1. Pengertian al-Asmaul husna
2.2.
Makna al-Asmaul
husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
2.3.
Perilaku al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt.
· Membaca dalil naqli
tentang iman kepada Allah Swt. beserta artinya.
Menanya
· Melalui motivasi dari
guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang iman kepada Allah Swt.
· Mengajukan pertanyaan
mengenai Iman kepada Allah Swt. atau
pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual.
Eksperimen/explore
· Mencari dalil naqli
yang menjelaskan iman kepada Allah Swt.
· Secara berkelompok
mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang al-Asmaul
husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
· Mendiskusikan makna al-Asmaul
husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Asosiasi
· Menganalisis iman
kepada Allah Swt.
· Menganalisis nama-nama Allah didalam al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan
bacaan dalil naqli beserta artinya yang menunjukkan tentang iman kepada Allah
Swt.
· Menyajikan paparan
tentang makna al-Asmaul
husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
· Menanggapi pertanyaan
dan memperbaiki paparan tentang al-Asmaul husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
·
Menuliskan
hasil pengamatan terhadap perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul
husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
di lingkungan sekolah atau tempat tinggal.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (iman
kepada Allah Swt.)
§ Sikap yang ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan iman
kepada Allah Swt.
· Membuat paparan
analisis makna al-Asmaul
husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
|
3.2. Memahami makna
iman kepada malaikat berdasarkan dalil
naqli
4.2 . Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
|
1.
Iman kepada Malaikat Allah Swt.
1.1.
Pengertian iman kepada Malaikat
Allah Swt.
1.2.
Nama-nama dan tugas Malaikat
2.
Makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli.
2.1. Makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli.
2.2. Perilaku orang yang
beriman kepada malaikat Allah Swt.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah
Swt.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai iman kepada malaikat Allah Swt.
· Membaca dalil naqli
tentang iman kepada malaikat Allah Swt. beserta artinya.
Menanya
· Melalui motivasi dari
guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang nama-nama malaikat Allah
yang wajib diketahui beserta tugasnya.
· Mengajukan pertanyaan
mengenai manfaat beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan
sehari-hari.
Eksperimen/explore
· Mencari dalil naqli
yang menjelaskan iman kepada malaikat Allah Swt.
· Secara berkelompok
mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada
malaikat Allah Swt.
· Mendiskusikan makna
beriman kepada malaikat Allah Swt.
Asosiasi
· Menganalisis
contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah
Swt dalam kehidupan sehari-hari.
· Menganalisis makna
beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi
· Menyajikan paparan
contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah
Swt dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyajikan paparan
makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.
· Menanggapi pertanyaan
dan memperbaiki.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah di
lingkungan tempat tinggal kalian.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
(Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada
malaikat Allah Swt.)
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan contoh
perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan
sehari-hari.
· Membuat paparan makna beriman kepada malaikat Allah Swt.
Dalam kehidupan sehari-hari
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3x
3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
|
3.6 Memahami makna tentang perilaku amanah sebagai
implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait.
3.7 Memahami makna
tentang perilaku
istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46: 13 dan hadis terkait.
4.3
Mencontohkan perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis
terkait
4.5 Mencontohkan perilaku Istiqamah sesuai kandungan Q.S. al- Ahqaf/46:
13 dan hadis terkait.
|
1.
Jujur
1.1.Pengertian
jujur
1.2.Contoh
perilaku jujur
1.3.Hikmah atau
manfaat jujur.
2.
Amanah
2.1.
Pengertian amanah
2.2.
Contoh perilaku amanah
2.3.
Hikmah atau manfaat amanah.
3.
Istiqamah
3.1 Pengertian istiqamah
3.2 Contoh perilaku istiqamah
3.3 Hikmah atau manfaat Istiqamah
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur, amanah, dan
istiqamah.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah.
Menanya
· Dengan dipandu
guru mengajukan pertanyaan tentang
cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah.
· Mengajukan pertanyaan
tentang manfaat perilaku jujur, amanah, dan istiqamah, atau pertanyaan lain
yang relevan dan aktual.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok
mencari contoh-contoh nyata jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan
sehari-hari melalui berbagai sumber.
· Mendiskusikan dan
mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap
jujur, amanah, dan istiqamah.
Asosiasi
· Menganalisis perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari.
· Menganalisis perilaku
amanah dalam kehidupan sehari-hari.
· Menganalisis perilaku
Istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi
· Memaparkan hubungan
antara jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
· Mendemontrasikan/mensosiodramakan
contoh perilaku jujur, amanah, dan istiqamah.
· Menanggapi pertanyaan
dan memperbaiki paparan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap perilaku jujur, amanah, dan istiqamah di lingkungan
tempat tinggal
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
sosiodrama perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
§ kejelasan materi
(jujur, amanah, dan istiqamah).
§ penghayatan
§ kerjasama.
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (jujur,
amanah, dan istiqamah).
§ Sikap yg ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan
diagram hubungan jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.3.
Memahami makna empati terhadap
sesama sesuai kandungan Q.S. an-Nisa/4: 8 dan hadi¡
terkait.
4.3
Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait.
|
1.
Empati,
1.1.
Pengertian empati.
1.2.
Pentingnya empati.
1.3.
Dalil naqli tentang empati dan
artinya.
1.4.
Hikmah empati dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Hormat kepada kedua orang tua
2.1. Pengertian hormat kepada kedua orang tua.
2.2. Dalil naqli tentang hormat kepada orang
tua dan artinya.
2.3. Cara hormat kepada kedua orang tua.
3.
Hormat kepada guru
3.1. Pengertian hormat kepada guru.
3.2.
Dalil naqli tentang hormat kepada guru dan artinya.
3.3.
Cara hormat kepada guru.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan empati,hormat terhadap
orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan
sehari-hari.
Menanya
· Dengan dipandu
guru mengajukan pertanyaan tentang
cara menumbuhkan sikap empati,hormat terhadap orang tua dan guru.
·
Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat sikap empati. empati,hormat
terhadap orang tua dan guru .
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok
mencari contoh-contoh nyata sikap empati di sekolah dan di masyarakat.
· Mendiskusikan dan
mengelompokkan data dan informasi tentang manfaat yang ditimbulkan oleh sikap
empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
Asosiasi
· Menganalisis dan
menyimpulkan empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan
sehari-hari
· Menganalisis dan menyimpulkan hormat terhadap orang tua
dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi
· Mensosiodramakan
perilaku empati,hormat kepada kedua orang tua dan guru.
· Memaparkan pentingnya
perilaku empati dalam hidup
bermasyarakat, dan bernegara.
· Memaparkan pentingnya
hormat dengan orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
· Menanggapi pertanyaan
dan memperbaiki paparan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap perilaku empati, hormat kepada orang tua dan guru yang
ada di lingkungan tempat tinggal kalian.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
sosiodrama perilaku empati, hormat kepada orang tua dan guru menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§ kejelasan materi
(empati, hormat kepada orang tua dan guru).
§ penghayatan
§ kerjasama.
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (empati,
hormat kepada orang tua dan guru)
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan
pentingnya perilaku empati dalam hidup bermasyarakat, dan bernegara, serta
perilaku hormat kepada orang tua dan guru.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
|
3
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Mushaf Al Qur’an
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.8 Memahami
ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
1.
Ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar
1.1.
Pengertian ¯ah±rah
1.2.
Macam-macam hadas
1.3.
Macam-macam
najis
1.4.
Tata
cara bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar.
1.5.
Hikmah ¯ah±rah.
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Membaca dalil naqli
mengenai ketentuan bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
· Mengajukan pertanyaan
terkait dengan tata cara bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok
mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Mendiskusikan tata
cara bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
· Mendiskusikan manfaat
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Asosiasi
· Membuat analisis tata
cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Merumuskan manfaat bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan
praktik bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
· Menyajikan paparan
bagan tentang ketentuan bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
· Memaparkan rumusan
hikmah dan manfaat bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar
· Menanggapi pertanyaan
dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap perilaku-perilaku
yang selalu memperhatikan yang memperhatikan kesucian baik hadas maupun
najis di lingkungan tempat tinggalnya.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar).
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan
alur tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
· Membuat paparan manfaat bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar dalam kehidupan sehari-hari.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan
psikomotorik dengan unjuk kerja tentang
¯ay±mum/wu«µ’
|
3 x 3 Jam
Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.9 Memahami
ketentuan shalat berjamaah
4.8 Mempraktikkan shalat
berjamaah
|
1.
¢alat wajib berjamaah
1.1.
Pengertian shalat berjamaah
1.2.Dalil naqli mengenai shalat
berjamaah
1.3.Ketentuan shalat berjamaah
1.4.Tata cara shalat berjamaah
1.5.Hikmah shalat berjamaah
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat berjamaah.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai tata cara shalat berjamaah.
· Membaca dalil naqli
mengenai shalat berjamaah.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat berjamaah.
· Mengajukan pertanyaan
terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat
berjamaah.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok
mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan
shalat berjamaah.
· Mendiskusikan tata
cara shalat
berjamaah.
· Mendiskusikan manfaat
shalat berjamaah.
Asosiasi
· Membuat analisis tata
cara shalat berjamaah.
· Membuat analisis tentang halangan shalat
berjamaah.
· Merumuskan manfaat shalat berjamaah.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan
praktik shalat berjamaah.
· Menyajikan paparan
bagan tentang ketentuan shalat berjamaah.
· Memaparkan rumusan
hikmah dan manfaat shalat berjamaah.
· Menanggapi pertanyaan
dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap ciri-ciri orang
yang rajin melaksanakan shalat berjamaah di
lingkungan tempat tinggal.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (shalat berjamaah).
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan
alur tata cara shalat berjamaah.
· Membuat paparan manfaat shalat
berjamaah.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan
psikomotorik dengan unjuk kerja tentang
shalat berjamaah
|
3
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
· Media cetak
|
3.10 Memahami ketentuan shalat Jumat
4.9
Mempraktikkan shalat Jumat
|
1.
¢alat Jumat
1.1.Pengertian
shalat Jumat
1.2. Dalil naqli mengenai shalat
Jumat
1.3.Ketentuan shalat Jumat
1.4.Tata cara shalat Jumat
1.5.Hikmah shalat
Jumat
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat Jumat.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai tata cara shalat Jumat.
· Membaca dalil naqli
mengenai shalat Jumat.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
· Mengajukan pertanyaan
terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat
Jumat.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok
mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan
shalat Jumat.
· Mendiskusikan tata
cara shalat
Jumat.
· Mendiskusikan manfaat
shalat Jumat.
Asosiasi
· Membuat analisis tata
cara shalat Jumat.
· Membuat analisis tentang halangan shalat
Jumat.
· Merumuskan manfaat shalat Jumat.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan
praktik shalat Jumat.
· Menyajikan paparan
bagan tentang ketentuan shalat Jumat.
· Memaparkan rumusan
hikmah dan manfaat shalat Jumat.
· Menanggapi pertanyaan
dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap orang yang rajin
melaksanakan shalat Jumat di lingkungan
tempat tinggal.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (shalat Jumat).
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan
alur tata cara shalat Jumat.
· Membuat paparan manfaat shalat
Jumat.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan
psikomotorik dengan unjuk kerja tentang
shalat Jumat.
|
3
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
|
3.11 Memahami ketentuan shalat jamak
qasar
4.7 Mempraktikkan shalat shalat jamak qasar
|
1.
¢alat jamak qasar
1.1.Pengertian
shalat jamak qasar
1.2. Dalil naqli mengenai shalat jamak qasar
1.3.Ketentuan shalat
jamak qasar
1.4.Tata cara shalat jamak
qasar
1.5.Hikmah
shalat jamak qasar
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat jamak qasar.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai tata cara shalat jamak qasar.
· Membaca dalil naqli
mengenai shalat jamak qasar.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat jamak qasar.
· Mengajukan pertanyaan
terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat jamak qasar.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok
mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan
shalat jamak
qasar.
· Mendiskusikan tata
cara shalat jamak qasar.
· Mendiskusikan manfaat
shalat jamak qasar.
Asosiasi
· Membuat analisis tata
cara shalat jamak qasar.
· Membuat analisis syarat shalat jamak qasar.
· Merumuskan manfaat shalat jamak qasar.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan
praktik shalat jamak qasar.
· Menyajikan paparan
bagan tentang ketentuan shalat jamak qasar.
· Memaparkan rumusan
hikmah dan manfaat shalat jamak qasar.
· Menanggapi pertanyaan
dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
|
Tugas
· Tuliskan pengalaman kalian dalam
melaksanakan shalat
jamak qasar.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (shalat jamak qasar).
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan bagan alur
tata cara shalat
jamak qasar.
· Membuat paparan manfaat shalat jamak qasar.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.
· Tes kemampuan
psikomotorik dengan unjuk kerja tentang
shalat jamak qasar.
|
3
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
|
3.12
Memahami sejarah perjuangan
Nabi Muhammad Saw. Periode Mekah
4.7
Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode
Mekah
|
1. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw.
periode Mekah
1.1.
Kelahiran nabi Muhammad Saw.
1.2.
Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul
1.3.
Dakwah nabi Muhammad di Mekah
|
Mengamati
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah.
·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi
Muhammad Saw. periode Mekah.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru mengajukan pertanyaan bagaimana
keadaan Mekah sebelum datangnya nabi Muhammad Saw.?
· Mengajukan pertanyaan
terkait kronologi diangkatnya nabi Muhammad Saw. Menjadi rasul atau pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
· Mendiskusikan sejarah
kelahiran Nabi Muhammad Saw. berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan sejarah Nabi Muhammad Saw. diangkat
menjadi rasul
berdasarkan
data dari berbagai sumber.
·
Mendiskusikan dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah.
Asosiasi
· Melakukan analisis
kronologi sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw. dalam bentuk membuat diagram
alur.
· Melakukan analisis
kronologi sejarah Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis dakwah
Nabi Muhammad Saw. di Mekah dalam
bentuk membuat diagram alur..
Komunikasi
· Menyajikan
paparan kronologi sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw. dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan
paparan kronologi sejarah diangkatnya
Nabi Muhammad Saw. sebagai rasul dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan
paparan analisis dakwah yang dilakukan
rasul di Mekah dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menanggapi pertanyaan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil
pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang dapat dijadikan hikmah dan
pelajaran bagi kita dari sejarah Islam Periode Mekah
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi (sejarah
perjuangan Islam periode Mekah)
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan
kronologi sejarah perkembangan Islam periode Mekah yang diwujudkan dalam
bentuk membuat diagram alur.
Tes
· Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
2
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
· Peta Mekah
|
3.13 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad
SAW Periode Madinah dan Madinah.
4.13
Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
|
1. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw.
periode Madinah
1.1.
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah.
1.2.
peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah
1.3.
Dakwah nabi Muhammad di Madinah
|
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait
dengan perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw.
periode Madinah.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan bagaimana sikap masyarakat Madinah dalam
menyambut datangnya Nabi Muhammad Saw.?
· Mengajukan pertanyaan terkait kronologi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw.
hijrah atau pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
· Mendiskusikan sejarah sebab-sebab
Nabi Muhammad Saw. hijrah berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan peristiwa Nabi
Muhammad Saw. hijrah.
berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah.
Asosiasi
· Melakukan analisis kronologi sejarah sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk
membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam
bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk
membuat diagram alur.
Komunikasi
· Menyajikan paparan kronologi
sejarah sebab-sebab Nabi Muhammad
Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kronologi
peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan analisis
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menanggapi pertanyaan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang dapat
dijadikan hikmah dan pelajaran bagi kita dari sejarah Islam Periode Madinah.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ Isi diskusi (sejarah perjuangan Islam periode Madinah)
§ Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan kronologi sejarah perkembangan Islam periode Madinah yang
diwujudkan dalam bentuk membuat diagram alur.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk tes soal – soal pilihan ganda
dan uraian
|
1
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
· Peta Madinah
|
3.14 Mengetahui sikap
terpuji khulafaurrasyidin
4.14 Mencontohkan
perilaku terpuji dari khulafaurrasyidin
|
1.
Sikap terpuji khulafaurrasyidin
1.1.Khalifah
Abu Bakar as-Siddiq
1.2.Khalifah
Umar bin Khatab
1.3.Khalifat
Usman bin Affan
1.4.Khalifah
Ali bin Abi Thalib
|
Mengamati
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
sikap terpuji khulafaurrasyidin.
·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sikap terpuji khulafaurrasyidin.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru mengajukan pertanyaan bagaimana
sikap yang dimiliki oleh khulafaurrasyidin?
· Mengajukan pertanyaan
terkait kronologi kepemimpinan khulafaurrasyidin atau pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
· Mendiskusikan
kepemimpinan Abu bakar as-Sidiq berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan kepemimpinan Umar bin Khatab berdasarkan data dari berbagai sumber.
·
Mendiskusikan kepemimpinan Usman bin Affan berdasarkan data dari berbagai sumber.
·
Mendiskusikan kepemimpinan Ali
bin Abi Thalib berdasarkan
data dari berbagai sumber
Asosiasi
· Melakukan
analisis kepemimpinan Abu bakar
as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis
kepemimpinan Umar bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis
kepemimpinan Usman bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis
kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.
Komunikasi
· Menyajikan
paparan kepemimpinan Abu Bakar
as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan
kepemimpinan Umar bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan
kepemimpinan Usman bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan
kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menanggapi pertanyaan.
· Menyusun kesimpulan.
|
Tugas
· Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku-perilaku yang dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi
kita dari sikap terpuji khulafaurrasyidin.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi ( sikap
terpuji khulafaurrasyidin)
§ Sikap yg ditunjukkan
siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi
dan kerja kelompok.
Portofolio
· Membuat paparan sikap
terpuji khulafaurrasyidin yang diwujudkan dalam bentuk membuat
diagram alur.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
|
1
x 3 Jam Pelajaran
|
· Buku siswa Kemdikbud
· Gambar/ video/
multimedia interaktif
· Internet
· Peta Timur Tengah
|
0 Response to "SILABUS PAI Kelas VII"
Post a Comment