RPP SD 1 Aku dan Teman Baru

blogger templates

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


NAMA SEKOLAH            :    SD/MI ……………………………
T E M A                         :    DIRIKU
SUBTEMA 1                   :    Aku dan Teman Baru
KELAS/SEMESTER         :     I/1
ALOKASI WAKTU           :

A.   KOMPETENSI INTI
:
1.

2.


3.




4.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
4.3    Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
SBDP
4.1     Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C.   INDIKATOR
PPKn
v  Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
BAHASA INDONESIA
v  Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
v  Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
v  Menyebutkan nama temannya
PJOK
v  Melakukan gerakan melempar
v  Melakukan gerakan menangkap
SBDP
v  Memberi hiasan pada kartu nama

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2.    Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu membedakan pengubinan dan bukan pengubinan dengan benar.

E.    MATERI PELAJARAN
Teman Baru

F.    METODE PEMBELAJARAN
Metode:
1.    Tanya Jawab
2.    Drill (latihan)

Model :
Direct  Instruction (model pengajaran langsung)
dipadukan dengan model make a match (membuat/mencari pasangan)

G.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN /
KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO
KEGIATAN
WAKTU
1.
PENDAHULUAN
a.    Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
b.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.    Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
e.    Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
f.     Menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
g.    Mempersiapkan Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola

2.
KEGIATAN INTI
Mengamati
v Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
Menanya
v Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan siapakah teman udin yang jenis kelaminnya perempuan yang ada pada gambar, atau pertanyaan lain yang relevan
v Mengajukan pertanyaan tinggal dimanakah udin
Eksperimen/explore
v Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
v Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
v Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
v Perkenalkan dirimu di depan kelas
v Menghias kartu nama buku siswa hal.4
Asosiasi
v Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
v Menganalisis,  siapakah yang sedang berkenalan buku siswa hal.3
Komunikasi
v Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
v Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.

3.
PENUTUP
v  Siswa diajak melakukan refleksi atas aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan
v  Guru dapat menanyakan apakah siswa sudah memahami materi tersebut.
v  Di bawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran


H.   MEDIA PEMBELAJARAN
Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola

I.    SUMBER BELAJAR
1.    Buku Pegangan Guru  Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Diriku Kemendikbud
2.    Buku Siswa Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Diriku Kemendikbud
3.    Internet

Catatan:
Untuk yang belum menerima buku bantuan dapat dilihat di folder Lampiran

J.    PENILAIAN
Rubrik Memperkenalkan Diri dengan Permainan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Kemampuan memperkenalkan diri
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan
Siswa belum mampu memperkenalkan diri
2.
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan©2013, apriza
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
Siswa belum
mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
3.
Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi 1-2 kali meleset
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola

Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Kartu Nama
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Komponen kartu nama
Memenuhi 3 komponen (gambar atau foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
Memenuhi 2 dari 3 komponen
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3
komponen
2.
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 warna atau lebih
Menggunakan 3 warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan 1 warna

Mengetahui: ©2013, apriza
Kepala SD/MI ..............,

Guru Kelas,



………………………………………..




……………………………………
NIP.

      NIP.

0 Response to "RPP SD 1 Aku dan Teman Baru"

Post a Comment